Role Play Politik Internasional 2020

 


Pada hari Sabtu (10/4/2021) lalu, Centrius mengadakan role play mengenai politik internasional.

Acara ini bertujuan untuk mengenalkan kompleksitas politik internasional. Termasuk di antaranya untuk mengajak peserta memahami bahwa di luar negara, aktor non-negara seperti pebisnis, organisasi internasional, NGO maupun aktor individual dapat memengaruhi dinamika politik internasional.

Pada skenario kali ini, kami berimajinasi bagaimana jika struktur pengambil kebijakan di Indonesia dihadapkan pada dilema untuk memilih dua kekuatan besar sebagai penyedia vaksin: Tiongkok dan Amerika Serikat. Kemungkinan kondisi apa yang muncul dari sana?

Para peserta diajak untuk mendalami karakter pemimpin melalui catatan kebijakan dari masing-masing aktor internasional, kemudian mengembangkan model respons isu yang berangkat dari pemahaman karakter tersebut.

Kesempatan kali ini, peran yang dijalankan peserta antara lain: Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan RI, Presiden AS Joe Biden, Presiden Tiongkok Xi Jinping, WHO sebagai Organisasi Internasional, Sinovac sebagai perwakilan aktor bisnis, dan KawalCovid sebagai perwakilan masyarakat sipil.

Hasilnya, semua sepakat bahwa kompleksitas politik internasional sangat mungkin memunculkan hal-hal yang tidak terduga yang harus direspons cepat oleh pengambil kebijakan.

Terima kasih juga kami sampaikan pada teman-teman dari @himaternalupn @himahiuinsby @bemfisip_upn, @demafisipuinsa @fpciupnvjt dan @fpci.uinsa atas kesediaan untuk belajar bersama.

Berikut Dokumentasinya:

0 Comments